Aplikasi Android berbasis Java akan selalu menggunakan Class, Method serta Atribut untuk penyelesaian masalah yang merupakan prinsip dasar dari Object-oriented programming (OOP). OOP merupakan jenis pemrograman yang menggunakan permodelan obyek untuk memecahkan masalah. Sebuah obyek besar akan dibagi menjadi banyak obyek-obyek kecil menggunakan attribut serta method ke dalam bentuk kode program agar lebih memudahkan analisa serta penyusunan program.
Pengertian Class dalam Java :
Kelas (class) merupakan gambaran umum dari suatu obyek (Object). Class merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instance (contoh) dari object. Contoh dari sebuah kelas adalah : manusia, rumah, hewan, tanaman, serta kendaraan.
Pengertian Object dalam Java :
Obyek atau object adalah perwujudan nyata dari sebuah kelas. Obyek adalah sesuatu yang sudah jadi, memiliki fungsi serta siap untuk digunakan.
Contoh obyek (instance object) dari kelas manusia adalah orang yang bernama Asep, Ujang, serta sepedaReni serta Nenden. Contoh obyek dari kendaraan adalah mobil, bus, motor serta sepeda.
Seorang manusia akan memiliki ciri-ciri-ciri fisik dari penampilannya seperti nama, warna kulit, jenis kelamin, umur, pendidikan atau suku (dalam Java dinyatakan sebagai attribut). Atribut dibuat menggunakan kata benda atau sifat.
Seorang manusia juga memiliki fungsi atau kinerja seperti bekerja, berpikir, berbicara, berjalan dan makan (dalam Java dinyatakan sebagai method). Method ini berfungsi agar suatu obyek dapat berinteraksi dengan obyek lainnya. Method dibuat menggunakan kata kerja.
Struktur dari pembuatan suatu kelas adalah sebagai berikut :
Keterangan :
- NamaKelas harus sesuai dengan nama File.
- Contoh class Manusia, maka nama filenya harus disimpan dengan nama Manusia.java
- Jika suatu kelas memiliki 2 kata atau lebih, maka huruf pertama dari setiap kata dituliskan huruf besar (Camel Case), disambungkan tanpa spasi. Contoh KotaKembang, MasakanKhasSunda, ObyekWisataJawaBarat dan lainnya.
1. Buat sebuah proyek baru dengan memilih menu File --> New --> Project
Sumber : JetBrain IntelliJ 2016
2. Pada kotak dialog New Project pilih Java, kemudian tekan tombol Next
Sumber : JetBrain IntelliJ 2016
3. Kemudian beri tanda centang pada Create project from template
Sumber : JetBrain IntelliJ 2016
4. Isikan Project Name, atur letak folder dari Project location kemudian klik tombol Finish. Contoh :
- Project name : BelajarClass
- Project location : BelajarJava
- Base package : BelajarJava
Sumber : JetBrain IntelliJ 2016
5. Secara baku akan terbetuk file Main.java pada folder src --> nama package
Sumber : JetBrain IntelliJ 2016
6. Buat sebuah kelas yang baru dengan cara memilih package, dalam contoh ini adalah BelajarJava, klik kanan --> pilih New --> Java Class
Sumber : JetBrain IntelliJ 2016
7. Pada baris Name beri nama Manusia (Huruf awal harus besar untuk pemberian nama sebuah kelas), pada Kind pilih Class kemudian klik OK.
Sumber : JetBrain IntelliJ 2016
8. Akan terbentuk sebuah kelas Manusia dengan file bernama Manusia.java
Sumber : JetBrain IntelliJ 2016
9. Tambahkan kode baris berikut :
10. Penjelasan :
String nama
maksudnya kita ingin memberikan atribut berupa nama pada sebuah kelas manusia. Nama berisi kata kata, jadi jenis variabel yang digunakan adalah jenis String. Public artinya variabel nama dapat diakses oleh semua anggota kelas atau sub kelas Manusia serta package yang disebutkan.
sintaks :
akses-modifier tipe-variabel nama-variabel
contoh :
private int umur;
private String nama;
private String kerja;
void setNama(String n)
merupakan sebuah method setter untuk memberikan atribut pada sebuah obyek, dalam hal ini fungsi method setter adalah memberikan nama (istilahnya atribut dalam java) pada kelas Manusia. Void digunakan karena method ini tidak mengembalikan nilaisintaks :void namaMethod (tipe-variabel nama-variabel, ...) { statement; }
contoh :void setNama(String n) { statement; }
void setUmur(int u) { statement; }
void setKerja(String a) { statement; }
String getNama()
merupakan sebuah method Getter untuk mengambil nilai atribut pada sebuah obyek pada kelas Manusia.
sintaks :
tipe-variabel namaMethod() { statement; }
contoh :
String getNama() { statement; }
int getUmur() { statement; }
int getKerja() { statement; }
11. Tambahkan kode program berikut pada file Main.java
12. Jalankan file Main.java
Info tambahan tempat kuliah kelas reguler dan karyawan di Semarang :
Untuk belajar lebih lanjut tentang pemrograman Java, Android dll, kampus STEKOM Semarang tersedia jurusan TEKNIK KOMPUTER DAN SISTEM INFORMASI (Terakreditasi B) dengan target mahir Applikasi Visual, Website , Android , Java, Microcontroller, Jaringan, Service.
Biaya Kuliah terjangkau,
1. Program Sarjana
- Sumbangan Pendidikan Institusi Rp. 6.000.000,- (bayar langsung discount 10%)
- Uang kuliah per bulan Rp. 270.000,-
- Uang SPP 4 Bulan sekali Rp. 500.000,-
- Uang Ospek (cukup 1X) Rp.250.000,-
2. Program Diploma 3
- Sumbangan Pendidikan Institusi Rp. 3.500.000,- (bayar langsung discount 10%)
- Uang kuliah per bulan Rp. 270.000,-
- Uang SPP 4 Bulan sekali Rp. 500.000,-
- Uang Ospek (cukup 1X) Rp.250.000,-
3. Program 1 Tahun (Setara Diploma 1)
- Sumbangan Pendidikan Institusi Rp. 1.800.000,- (bayar langsung discount 10%)
- Uang kuliah per bulan Rp. 270.000,-
- Uang SPP 4 Bulan sekali Rp. 500.000,-
- Uang Ospek (cukup 1X) Rp.100.000,-
HUBUNG KAMI :
(024) 6170-144
0857-1275-9206
info@stekom.ac.id
STEKOM (Terakreditasi B)
Jl. Majapahit 605, Semarang,
Jawa Tengah - Indonesia
0 komentar:
Posting Komentar